Jumat, 07 Oktober 2011

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI MANAJEMEN AGRIBISNIS

Bersama mahasiswa Progdi Manajemen, Fishum, Universitas Halmahera dalam Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Trans Hero, Kusuri, Tobelo-Halmahera Utara

      Wilayah Kabupaten Halmahera Utara dan sekitarnya memiliki lahan pertanian (lahan kering) dataran menengah-tinggi yang luas dan subur dengan kondisi iklim yang mendukung untuk tumbuhnya berbagai jenis tanaman pertanian yang bernilai ekonomis tinggi. Sebagian dari potensi sumberdaya lahan ini sekarang merupakan "lahan tidur" yang belum dapat dikembangkan dan diolah secara lebih intensif oleh pemiliknya untuk menghasilkan komoditas pertanian yang bernilai ekonomis tinggi, salah satunya ialah kawasan Trans Hero Kabupaten Halmahera Utara.

     Salah satu kendala serius yang saat ini dihadapi oleh pemilik lahan adalah keterbatasan modal usaha dan tingginya harga sarana produksi pertanian. Khusus dalam hal tanaman sayur-sayuran, ternyata harga bibit yang berkualitas tinggi sangat mahal harganya jika ditinjau dari kemampuan petani.

     Wilayah pedesaan di Kabupaten Halmahera Utara memiliki tenaga kerja yang sangat banyak dengan kualifikasi agraris yang cukup baik.  Sebagian besar dari mereka ini sekarang sedang mengalami dampak krisis ekonomi, yaitu kesulitan mendapatkan pekerjaan di luar sektor pertanian dan terbatasnya kesempatan kerja di sektor pertanian rakyat / tradisional.

     Di sekitar wilayah Kabupaten Halmahera Utara terdapat potensi Perguruan Tinggi dengan kualifikasi ilmu di bidang pertanian dan agrobisnis serta manajemen bisnis yang dapat menjadi sumber informasi agroteknologi dan sumberdaya keahlian. Perguruan tinggi yang mengembangkan bidang-bidang yang ada kaitannya dengan pembangunan masyarakat desa adalah Universitas Halmahera. Hal ini didukung oleh pusat penelitian dan pengembangan / pemberdayaan masyarakat yang telah berpengalaman.  Dalam rangka program pendidikan akademik dan pengabdian pada masya­rakat, maka Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Program Studi Manajemen akan melaksanakan praktek dalam rangka membekali kemampuan yang selanjutnya akan diterapkan dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata), Praktek Kerja Lapangan (PKL), Peneli­tian Skripsi Mahasiswa, dan lainnya.  Kegiatan-kegiatan ini merupakan peluang untuk dimanfaatkan dalam program kemitraan yang melibatkan petani, buruh tani serta kelembagaan sosial tradisional yang ada di wilayah pedesaan.

       Memperhatikan potensi potensi yang ada di wilayah Halmahera Utara seperti yang disajikan di atas, maka perlu dijalin kerjasama kemitraan antara petani/buruh tani-Penduduk desa trans Hero-Perguruan Tinggi  dalam memanfaatkan potensi lahan untuk memproduksi komoditas pertanian unggul yang sangat diperlukan oleh penduduk. Model kemitraan seperti ini dapat dituangkan dalam kegiatan
PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI MANAJEMEN AGRIBISNIS”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar