Jumat, 07 Oktober 2011

NILAI TAMBAH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KEGIATAN BISNIS ONLINE DI CHEN'S SHOPPING ONLINE


A.    Pendahuluan

Dalam era dunia yang selalu mengalami perubahan, kita harus bisa untuk mengelola kondisi keuangan kita karena resesi yang akan disebabkan oleh keadaan ekonomi di masa depan. Kita bisa memberikan kepada keluarga kita sebuah kondisi keuangan yang aman dan terjamin melalui pendapatan ekstra atau pendapatan yang kita dapatkan diluar penghasilan rutin kita seperti gaji. Dengan begitu banyaknya perusahaan-perusahaan yang mengurangi atau memberhentikan pekerjanya/karyawan saat ini, menjadi seorang pekerja di perusahaan/kantor/pabrik merupakan suatu keputusan yang sulit atau bukan keputusan yang baik untuk diambil jika dalam kondisi seperti ini. Solusi yang terbaik adalah dengan cara mencari pendapatan tambahan dengan membangun sebuah bisnis jaringan.

Bergabung dengan industri bisnis online banyak memberikan keuntungan bagi kita. Membangun bisnis lewat jaringan internet tidak hanya bisa mendapatkan uang yang banyak sebagai landasan dasar ketika kita memilih untuk membuka bisnis online tetapi juga bisnis ini sangat menjanjikan banyak keuntungan karena kita tidak terbatas pada pemasaran di negara kita tetapi kita bisa memasarkan dan menjual produk kita keseluruh negara karena dalam bisnis online tidak ada batasannya.

Hal pertama yang harus kita lakukan sebagai dasar untuk memulai bisnis online adalah memilih web yang terbaik untuk menjadi media penyedia layanan untuk bisnis online kita. Kita bisa menemukan ada ribuan web yang bisa menjadi penyedia layanan untuk bisnis kita, untuk itu pilihlah web yang menurut anda paling baik di antara semuanya.

Bagi kita yang belum pernah mengetahui tentang bisnis online tentu saja akan sulit membayangkan kegiatan bisnis yang satu ini. Sebetulnya bisnis online adalah juga sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya dalam bisnis online ini adalah segala kegiatan bisnis  dilakukan  secara online dengan menggunakan media internet.
Jika saat ini kita memiliki sesuatu yang dapat dibisniskan dalam kehidupan sehari-hari, maka kita bisa membuka bisnis tersebut di dunia maya. Misalnya, kita memiliki usaha penjualan barang-barang fashion wanita, barang-barang tersebut kita pajang di toko kecil atau kita memasarkan dengan cara menawarkan langsung ke orang-orang yang kita kenal atau orang yang baru kita kenal, kita punya kemungkinan besar untuk memasarkan produk itu di dunia maya. Bila demikian maka kita telah menjalankan yang namanya “bisnis online”.

Namun demikian, bukan berarti kita harus memiliki produk sendiri untuk dapat menjalankan bisnis online ini. Kita pun dapat menjalankan bisnis ini dengan menjualkan produk orang lain dan akan mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan. Mudah-mudahan gambaran diatas bisa sedikit memberikan penjelasan mengenai bisnis online. Intinya segala kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan (dalam hal ini uang), yang dijalankan secara online melalui media internet dapat kita katakan sebagai bisnis online.



B.     Kajian Pustaka

·                     Teknologi Informasi
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain, tetapi itu tidak bertahan lama karena setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan penerima informasi akan dilupakan dan tidak bisa di simpan.

Era saat ini teknologi informasi sudah semakin canggih dan tidak ada batasannya lagi. Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi. Williams/Sawyer (2007) : Teknologi informasi adalah istilah umum untuk menjelaskan teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, memyimpan, mengomunikasikan dan /atau menyebarkan informasi.

Teknologi informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari teknologi informasi bukan hanya computer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya Ponsel).

Teknologi secara utuh tentunya tidak akan terlepas dari aspek bisnis sebagai bagian yang tidak dapat di pisahkan dari pengembangan teknologi tersebut. Dalam perkembangannya, teknologi informasi telah menjadi suatu raksasa industri yang dalam menjalankan kegiatannya tidak akan lepas dari tujuan pencarian keuntungan. Kegiatan industri adalah  kegiatan melakukan bisnis, yaitu dengan memproduksi, mengedarkan, menjual dan membeli produk-produk yang dihasilkan dari perkembangan teknologi tersebut, baik yang berupa barang atau jasa.

·                     Bisnis Online
Teknologi informasi melahirkan internet. Perkembangan pemakaian internet yang sangat pesat, salah satunya menghasilkan  sebuah model perdagangan elektronik yang disebut Electonic Commerce (e-commerce).
Keraf (2005),  e-commerce adalah system perdagangan yang menggunakan mekanisme elektronik yang ada di jaringan internet. Perkembangan e-commerce begitu pesat sehingga samapai saat ini belum ada definisi tunggal tentang sistem ini. Kesulitan menentukan definisi tersebut terjadi karena hampir setiap saat muncul  bentuk-bentuk baru  dari e-commerce yang tidak hanya berfokus pada jual-beli online saja.
Electronic Commerce Expert Group (ECEG) mendefinisikan, electronic commerce is broad concept that covers any commercial transaction that is effected via electronic means and would include such means as facsimile, telex, EDI, internet, and telephone.
Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa e-commerce tidak hanya digunakan dalam jual-beli saja, tetapi semua jenis transaksi komersial.


Definisi bisnis online seringkali di asumsikan oleh interner marketer bahwa semua bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan media internet sebagai media pemasaran produk dan jasa adalah mencakup bagian-bagian dari bisnis online. Jadi dalam hal ini internet hanyalah media karena internet sendiri yang terdiri dari ribuan-ribuan halaman bahkan jutaan halaman web mampu menyediakan informasi bagi pengguna internet. Makanya tidak heran jika banyak pelaku bisnis maupun personal menggunakan internet sebagai media yang ampuh untuk mengkomersilkan dan  promosi atas produk mereka dengan harapan bahwa pengguna internet dapat melihat dan mengenal hingga akhirnya tertarik menggunakan produknya.


C.    Pengamatan

·                     Objek Pengamatan
Yang menjadi objek pengamatan dalam dari penulis adalah Chen’s Shopping Online (CSO).

·                     Waktu dan Tempat Pengamatan
Waktu pelaksanaan pengamatan dilakukan selama 10 hari dari tanggal 17 – 26 September 2011.

Tempat pengamatan dilaksanakan di Chen’s Shopping Online.

·                     Hasil Pengamatan
Chen’s Shopping Online (CSO) adalah salah satu dari sekian banyak bisnis online yang menyediakan dan menjual produk fashion yang ditujukan bagi kaum wanita. Toko online ini menyediakan produk dari pakaian, tas sampai dengan aksesoris-aksesoris untuk kaum wanita. Produk yang ditawarkan di toko online ini bukan merupakan hasil produksi sendiri dari si pemilik toko tetapi di pasok dari supplier  yang berada di Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta. Jadi, CSO hanya membantu memasarkan dan menjual produk dari orang lain tetapi mendatangkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Dalam bisnis online, menjualkan produk orang untuk mendapatkan keuntungan dikenal dengan istilah affiliate marketing. CSO sudah terjun dalam bisnis online sejak bulan agustus 2010, jadi sudah bisa dijadikan objek pengamatan untuk melihat bagaimana cara kerja (marketing process), sampai dengan besarnya keuntungan yang di dapat dari bisnis online tersebut.

Chen’s Shopping Online menggunakan jasa layanan BlackBerry Internet Service (BIS) untuk mendirikan bisnis onlinenya. Prosesnya sangat mudah, hanya dengan mengaktifkan layanan BIS kemudian membuat grup yang langsung di beri nama toko online-nya, posting semua produk yang ditawarkan setelah  itu  mengundang semua kontak yang ada dalam BlackBerry Messenger (BBM) untuk menjadi anggota dalam grup. Setiap ada postingan baru untuk produk yang ditawarkan, pemberitahuan akan dikirimkan kepada anggota grup. Jika ada pesanan atau orderan dari anggota bisa langsung di follow up dalam percakapan grup, BBM, email, dan kontak telepon. Cara pembayaran akan dilakukan lewat transfer rekening/ATM/Bank dan cash (untuk anggota yang tinggal dekat / satu kota dengan pemilik CSO). Pengiriman barang akan dilakukan lewat jasa-jasa pengiriman dengan jaminan keamanan yang terbaik, untuk yang tinggal dekat / satu kota dengan pemilik CSO barangnya bisa diambil langsung saat melakukan pembayaran cash atau di antar langsung ke tempat tujuan.

Keuntungan daripada bisnis online Chen’s Shopping Online :
1)               Tidak perlu toko/bangunan/ruang untuk memajang produk yang dijual.
2)               Tidak membutuhkan banyak karyawan.
3)               Biaya operasional murah.
4)               Target pasar sangat luas karena tidak ada batasannya.
5)               Mengelola modal dan keuntungan sendiri.
6)               Tidak ada pembayaran pajak untuk pendirian dan menjalankan usaha.


D.    Pembahasan

Disaat kita surfing atau browsing di internet betapa banyaknya situs yang tersedia di internet dengan berbagai macam bisnis. Ini adalah satu bukti bahwa perkembangan bisnis online semakin pesat. Dengan kata lain sudah banyak orang berhasil melalui bisnis online. Apakah kesuksesan tersebut bisa terjadi pada diri kita? Tentu saja. Untuk merasakan kesuksesan dari bisnis online kita harus mengetahui kelebihan-kelebihan berbisnis melalui internet sehingga kita bisa memahami bagaimana cara menghasilkan uang.

Kelebihan-kelebihan dari bisnis online yang di dapat dari kecanggihan teknologi informasi :

·                  Tidak terikat waktu dan tempat.
Dengan memiliki system website dan autoresponder yang mampu merespon dan follow up terhadap customer, maka system akan tetap bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa menghiraukan kapan dan dimana anda berada.

·               Pangsa pasar yang luas.
Dengan menggunakan internet yang dapat di akses dari belahan dunia mana saja maka internet sangat memungkinkan untuk menjangkau target market yang sangat luas. Jadi apapun produk atau jasa yang di online kan akan dapat di promosikan secara elektronik melalui internet, namun semua itu juga bergantung sejauh mana pemilik situs memfasilitasi pengiriman fisik produk.

·               Media promosi yang efektif.
Promosi online lebih efektif karena dalam menjalankan bisnis online kita dapat membidik target pasar dengan menyesuaikan content/artikel sedang hangat saat itu. Jadi dengan adanya informasi/artikel yang ada pada situs kita bisa memetakan pangsa pasar mana yang akan dituju. Tinggal menyesuaikan target pasarnya saja dan tentunya tidak ada beban dalam berpromosi seperti umumnya sales marketing yang harus face to face dengan calon pembeli.
·               Modal dan biaya operasional yang relatif kecil.
Semua bisnis memerlukan modal dan biaya operasional tetapi dengan bisnis online semua itu dapat ditekan sekecil mungkin tetapi dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari modal dan biaya operasional. Karena kita tidak perlu memiliki toko/kantor, karyawan seperti bisnis pada umumnya. Dalam bisnis ini follow up penjualan biasanya cukup dilakukan melalui email, sehingga kita tidak perlu untuk mengeluarkan biaya transport mengunjungi calon klien.

·               You Are The Boss.
Anda akan menjadi pimpinan dan sekaligus pemilik dalam bisnis online tanpa terikat oleh siapapun. Karena kita tidak perlu atasan yang mengatur jadwal kerja dalam menjalankan bisnis tetapi kita sendiri yang mengatur jadwal dan strategi untuk mencapai target pendapatan.

Yang sering menjadi pertanyaan bagi calon customer adalah bagaimana cara  untuk bertransaksi dengan aman di internet, bagaimana pembayarannya dan bagaimana cara pengirimannya. Pertanyaan-pertanyaan itu sangat penting apalagi jika kita baru mengenal bisnis online, karena ada banyak penyalahgunaan internet untuk penipuan. Untuk itu kita harus selektif dalam memilih situs-situs yang menyediakan barang dan jasa, disarankan untuk memilih situs terpercaya dan mempunyai track record yang bagus dan paling tidak anda sudah harus mengerti. Tetapi di sisi lain banyak juga yang benar-benar menggunakan situs mereka untuk berbisnis dengan penuh etika, terhormat, dan elegan. Jadi semua itu tergantung tingkat kepercayaan dan keyakinan kita terhadap situs yang kita kunjungi dan jangan lupa bahwa setiap keputusan yang diambil ada harganya. Kita bisa menyimpulkan bahwa bisnis online tidak mudah tetapi juga tidak sulit seperti yang dibayangkan. Dalam bisnis online pebisnis harus berani mengambil resiko karena jika berhasil akan mendapatkan keuntungan bisnis yang besar.



E.     Kesimpulan

Didunia bisnis manapun kita berada semua butuh proses belajar, kerja keras, ketekunan, dan juga kesabaran. Tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk membangun kerajaan bisnis kita. Tetapi jika kita sudah mempunyai keyakinan bahwa ada peluang untuk meraih semua itu, mulailah dari sekarang, bangun dan buka wawasan anda lebih luas dan yakin bahwa dengan kemauan, ketekunan dan kerja keras kita dapat mempersingkat waktu menuju sukses.

Peluang usaha semakin banyak dan bertambah setiap hari. Bisnis online merupakan salah satu alternative bisnis yang menarik dalam era saat ini dimana perkembangan teknologi sangat pesat. Bisnis online cukup dijalankan dirumah saja. Saat kita paham dan menguasai ilmu bisnis online, kita bisa jualan apa saja dan kemana saja.

 Ada banyak keuntungan yang ditawarkan jika kita memilih untuk menjadi salah satu pebisnis dalam bisnis online seperti yang di paparkan dalam pembahasan bahwa dengan bisnis online tidak ada batasan lagi dalam mencari target pasar karena ruang dan waktu menjadi luas, dan ada banyak keuntungan yang akan di dapat. Di jaman sekarang, dan apalagi tahun-tahun mendatang, orang yang mampu menyatukan ilmu dengan teknologi adalah mereka yang tampil sebagai pemenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar